Pemasaran Afiliasi
Pemasaran Afiliasi - Affiliate Marketing adalah turunan dari pemasaran Internet di mana penerbit iklan dibayar untuk setiap pelanggan atau penjualan yang diberikan olehnya. Pemasaran afiliasi adalah dasar untuk semua strategi pemasaran Internet lainnya.
Dalam jenis pemasaran ini, perusahaan manajemen afiliasi, manajer afiliasi in-house, dan vendor pihak ketiga secara efektif digunakan untuk menggunakan Pemasaran Email, Pemasaran Mesin Telusur, Penangkapan RRS, dan Iklan Tampilan untuk keberhasilan produk. Lalu lintas web dapat dilacak dengan bantuan pihak ketiga atau program afiliasi sendiri. Banyak pekerjaan yang terlibat dalam proses ini.
Pada awalnya pemasaran dengan metode ini melibatkan banyak spamming, iklan palsu, pelanggaran merek dagang, dll. Tetapi, setelah penemuan algoritma yang kompleks dan keamanan tingkat lanjut, hal ini telah diatur untuk membuatnya lebih aman untuk melakukan bisnis dan belanja online. Hal ini bahkan mengarah pada pemeriksaan yang lebih baik tentang syarat dan ketentuan oleh pedagang.
Karena tekanan ini program afiliasi in-house untuk pedagang menjadi sesuatu dari masa lalu dan digantikan oleh program dari luar. Perusahaan yang menawarkan layanan ini memiliki afiliasi ahli dan manajer program jaringan yang memiliki berbagai teknik manajemen program afiliasi. Jaringan afiliasi ini memiliki penerbit yang terkait dengan mereka yang membantu mereka dengan bagian periklanan.
Afiliasi pemasaran dimulai oleh cdnow.com yang memiliki situs web berorientasi musik. Mereka menempatkan daftar album musik di situs mereka dan mereka membayar orang lain jika mereka meletakkan tautan tersebut di situs web mereka ketika pengunjung membeli album mereka melalui situs mereka.
Perusahaan pertama yang terhubung dengan cdnow.com adalah Geffen Records. Dua bulan kemudian, Amazon ditawari oleh seorang wanita bahwa dia akan menjual buku-buku Amazon di situsnya dan dia harus dibayar dengan persentase tertentu sebagai imbalan jika dia menjual buku-buku Amazon melalui situsnya. Mereka menyukai ide tersebut dan memulai program asosiasi Amazon. Ini lebih merupakan program komisi di mana mereka menerima komisi jika pengunjung mengklik tautan dan spanduk mereka di situs lain dan membeli sesuatu melalui itu.
Sejak penemuannya, jaringan afiliasi telah diadopsi oleh berbagai bisnis seperti perjalanan, pendidikan, telekomunikasi, seluler, permainan, keuangan pribadi, ritel, dan situs langganan, yang paling umum adalah sektor dewasa dan perjudian. Di Inggris saja, pemasaran afiliasi menghasilkan £ 2,16 miliar.
Metode kompensasi yang digunakan adalah Cost per sale (CPS), Cost per action (CPA), Cost per mile (CPM) dan Cost per click (CPC). Dua yang pertama adalah metode yang lebih terkenal saat ini. Ini karena dalam CPM dan CPC, pengunjung yang muncul di situs web tertentu mungkin bukan audiens yang ditargetkan dan klik sudah cukup untuk menghasilkan komisi.
CPS dan CPA memiliki keterpaksaan bahwa pengunjung tidak hanya mengklik tautan tetapi juga membeli sesuatu atau mendaftar untuk beberapa layanan setelah itu yang membuktikan bahwa dia termasuk di antara audiens yang ditargetkan. Hanya dalam kasus di atas afiliasi dibayar.
Jadi afiliasi harus mencoba mengirimkan lalu lintas bertarget sebanyak mungkin kepada pengiklan untuk meningkatkan pengembaliannya dan untuk alasan ini pemasaran afiliasi juga dikenal sebagai pemasaran kinerja karena sepenuhnya tergantung pada kinerja afiliasi. Tim afiliasi dapat dibedakan dari tim penjualan dari sifat pekerjaan mereka.
Tugas tim afiliasi adalah menyeret lalu lintas yang ditargetkan ke suatu titik dan dari titik itu tugas tim penjualan untuk memengaruhi pengunjung agar membeli produk atau layanan.
Ini adalah jenis metode yang sangat efektif karena uang dibayarkan hanya ketika hasil telah dicapai. Penerbit menanggung semua biaya kecuali pengaturan awal dan pengembangan program, yang ditanggung oleh pedagang. Banyak bisnis memuji metode pemasaran ini untuk kesuksesan mereka.