Pemasaran dan Penjualan di Internet

Pemasaran dan Penjualan di Internet -  Pemasaran di Internet melibatkan periklanan online untuk menjangkau pelanggan potensial. Ini membutuhkan kreativitas seperti perancangan, pengembangan, dan aspek teknis seperti pemasaran dan periklanan. Afiliasi pemasaran, pemasaran email, pemasaran mesin pencari, dan iklan interaktif adalah aspek yang berbeda dari pemasaran Internet. Ini juga mencakup penjualan, hubungan masyarakat, manajemen informasi, dan layanan pelanggan. Sejak munculnya Internet, Internet digunakan secara luas untuk semua jenis tujuan. 

Pemasaran dan Penjualan di Internet

Diantara keunggulan internet, ada yang membantu dalam berbisnis, berbelanja, dll dari kenyamanan rumah. Menurut sebuah penelitian, seperempat pengguna internet berbelanja online. Ini juga membantu menumbuhkan perdagangan elektronik dan pemasaran Internet adalah bagian dari perdagangan elektronik.

Teknik pemasaran langsung seperti iklan radio dan televisi, surat, dan buletin adalah inspirasi untuk pemasaran Internet, yang melibatkan strategi pemasaran respons langsung dan berkembang pesat. Business-to-business, juga dikenal sebagai B2B, dan business-to-consumer, juga dikenal sebagai B2C, adalah dua model bisnis yang dapat dihubungkan dengan pemasaran Internet. Perusahaan B2C adalah yang pertama memulai pemasaran Internet. Mereka adalah perusahaan yang menjual langsung ke pelanggan. Perusahaan B2B dimaksudkan untuk berbisnis satu sama lain.

Situs web yang dibuat untuk pemasaran Internet sedikit berbeda dari yang lain. Ada situs web model peer-to-peer yang digunakan untuk bertukar produk dan layanan antara satu sama lain. Lainnya adalah nama-harga-Anda, di mana pelanggan harus menentukan kisaran harga yang dapat mereka belanjakan dan memilih produk yang termasuk dalam kisaran harga tersebut. Priceline.com adalah contoh situs web semacam itu. Amazon.com adalah situs web yang didasarkan pada model temukan-harga-terbaik, di mana pelanggan dapat menemukan harga terendah. Terakhir adalah situs lelang online, tempat item ditawar. Ebay.com adalah contohnya.

Perusahaan yang menggunakan pemasaran Internet memiliki keuntungan. Mereka tidak perlu menghabiskan banyak energi dan waktu dalam Pemasaran Internet seperti metode tradisional lainnya. Dengan bantuan hanya sedikit sumber daya pasar nasional dan internasional dapat dicapai. Karena investasi yang sangat rendah, bahkan bisnis kecil pun beralih ke pemasaran online. Situs web dan blog telah dikembangkan untuk tujuan ini. 

Pemasaran Internet menguntungkan dalam arti bahwa data dengan mudah tersedia di Internet. Buletin dapat langsung dikirim ke pelanggan dan jika tidak berisi informasi yang mereka cari, mereka dapat mencari informasi tentang produk secara online, membuat keputusan dan membelinya secara online sendiri.

Salah satu faktor yang menghambat pertumbuhan pemasaran online adalah keterlambatan pemuatan halaman. Halaman web yang membutuhkan banyak waktu untuk mengunduh menguji kesabaran konsumen. Selain itu, jika bisnis mendesain halaman web yang kompleks dengan banyak grafik dan animasi, itu akan semakin memperlambat kecepatan. 

Poin minus lainnya dari pemasaran online adalah pelanggan tidak dapat merasakan, mencicipi, mencium, atau mencoba produk untuk membuat keputusan yang baik. Untuk mengatasi ini, beberapa toko online telah membuat kebijakan pengembalian liberal dengan bantuan yang menjamin kepuasan pelanggan.

Ancaman terbesar lainnya dari belanja online adalah pencurian identitas. Membayar secara online menggunakan kartu kredit, cek elektronik rentan terhadap peretas dan informasi dapat dicuri dan digunakan. Banyak peretas dan situs web telah tertangkap yang terlibat dalam jual beli informasi pribadi. Sebagian besar situs web telah mengambil tindakan dan memasukkan keamanan yang baik di situs web mereka. Salah satu metode terbaik adalah enkripsi. 

Ketika data sedang ditransfer antara dua komputer; ada kemungkinan peretas mencegatnya. Jadi data diubah dengan menerapkan beberapa algoritma enkripsi dan dikirim melalui jaringan dan setelah menerima, algoritma dekripsi diterapkan untuk mengembalikan data ke bentuk aslinya.

Penjualan online memengaruhi semua jenis bisnis seperti perbankan, periklanan, musik, dll. Daripada pergi ke toko untuk membeli kaset dan CD, musik dapat dibeli secara online. Transaksi bank seperti penyetoran, penarikan, transfer dana, dan pembayaran tagihan semuanya dilakukan secara online. Miliaran dolar diinvestasikan setiap tahun dalam periklanan online saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel