Supaya Bisnis Online Dipercaya Banyak Orang
Cara Reseller - Pada era digital saat ini. Banyak orang terbiasa membeli dan menjual melalui internet. Dan, banyak pula penjual online melakukan tindak penipuan. Dampak buruknya adalah mereka menjadi tidak percaya jika mereka ingin melakukan transaksi online dan berdampak pada bisnis online yang mungkin Anda jalani. Tidakkah begitu?
Sebab sistem yang digunakan untuk transaksi online yakni konsumen membayar terlebih dahulu kepada penjual, maka penjual mengirimkan pesanan ke alamat konsumen. Itu juga yang kamu lakukan kan? Di balik semua itu, konsumen hanya melihat produk yang Anda jual melalui gambar, tidak secara langsung melihat produk fisik yang Anda jual. Harus ada kepercayaan yang tertanam dalam konsumen dan Anda harus melakukannya sehingga mereka dapat mempercayai dan melakukan transaksi di toko Anda.
Jika Anda hanya mengandalkan informasi yang Anda berikan, mereka mungkin tidak langsung percaya. Akhirnya yang terjadi adalah mereka berpikir dua kali untuk membeli produk di toko Anda, sehingga menjadikan kepercayaan konsumen sangat penting bagi kelangsungan bisnis online Anda.
Anda pasti sudah tahu tentang beberapa Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Zalora, dan lainnya. Pasar menyediakan layanan terbaik bagi konsumen yang pada akhirnya konsumen percaya pada transaksi melalui mereka, jadi Anda juga harus memberikan layanan terbaik bagi calon pelanggan yang akan membeli produk Anda. Beberapa hal yang dapat Anda tiru dari layanan Marketplace di atas.
1. Tampilan Situs Web Terlihat Profesional
Situs web adalah pintu awal di mana calon pelanggan akan mengenal produk Anda dengan lebih jelas, jadi di sini Anda sebisa mungkin membuat situs web Anda terlihat seperti seorang profesional. Kedua templat yang digunakan, akses mudah dan katalog produk yang ringan dan tertata rapi.
Jangan pernah membuat situs web Anda terlihat sederhana dan gratis, karena biasanya templat gratis tidak terlalu menarik. Kecuali Anda memiliki desain grafis dasar, Anda dapat membuat tampilan template sesuai dengan keinginan Anda dan tentu saja terlihat profesional dan menarik konsumen untuk membeli.
Jika Anda menggunakan templat gratis, yang biasanya terjadi adalah konsumen berpikir Anda tidak memiliki niat penuh untuk melakukan bisnis. Karena apa yang akan dilihat konsumen untuk pertama kalinya adalah templat situs web Anda, jadi gunakan templat berbayar atau Anda dapat menemukan layanan untuk pembuatan situs web. Desain atau tata letak keduanya dibuat sedemikian rupa agar situs web terlihat profesional.
2. Mudah dihubungi
Ketika Anda menjual produk Anda secara online, biasanya semua konsumen yang datang ke toko Anda akan mencari produk yang mereka butuhkan. Jika Anda sudah mendapatkan produk yang mereka inginkan, mereka akan secara otomatis mencari kontak di toko online Anda untuk dihubungi. Jangan sampai ketika Anda telah meletakkan kontak Anda di toko online yang Anda miliki, Anda merespons dengan lambat.
Cobalah sebisa mungkin untuk memberikan kontak yang mudah dihubungi dan bahkan merespons dengan cepat jika ada pertanyaan atau dihubungi oleh calon pelanggan Anda, tidak sampai Anda memperlambat respons. Calon pelanggan Anda akan berpikir bahwa Anda tidak memiliki niat untuk menjual, pada akhirnya mereka tidak membeli produk di toko online Anda.
Ada banyak media yang bisa dijadikan kontak yang bisa dihubungi oleh calon pelanggan Anda, baik dari Whatsapp, Line, email dan lainnya. Buatlah mudah bagi calon pelanggan Anda untuk menghubungi Anda, dan jadilah layanan pelanggan yang baik jika calon pelanggan menghubungi Anda mengenai pertanyaan atau keluhan.
3. Berikan Garansi Produk
Seperti yang saya katakan sebelumnya, calon pelanggan hanya melihat produk Anda melalui gambar, yang mereka sendiri tidak dapat melihat produk Anda secara detail. Karena alasan ini, cobalah memberikan jaminan produk yang Anda jual, misalnya, memberikan jaminan pertukaran produk atau jaminan uang kembali jika produk yang mereka terima rusak atau cacat.
Bahkan, ada sejumlah toko online yang sangat mengistimewakan pelanggan mereka dengan memberikan jaminan ukuran pertukaran atau mengembalikan produk yang mereka beli, mereka tidak menyukai model produk.
Garansi produk sangat berpengaruh dengan kepercayaan yang diperoleh oleh calon pelanggan Anda, karena dengan memberikan jaminan. Calon pelanggan Anda akan merasa aman untuk bertransaksi di toko Anda.
4. Informasi Produk Lengkap
Jika Anda menjual produk Anda di toko online Anda, cobalah untuk memberikan informasi lengkap tentang produk yang Anda jual. Baik itu dari spesifikasi, detail produk, dan bahkan informasi lain yang seharusnya mereka dapatkan ketika mereka ingin membeli produk di toko Anda. Jangan sampai kekurangan informasi yang diberikan dan mereka mendapatkannya tidak jelas, sehingga membuat mereka ragu untuk melakukan transaksi di toko Anda.
Spesifikasi lengkap suatu produk akan membuat bayangan di kepala mereka tentang produk yang Anda jual, calon pelanggan akan membayangkan produk yang ingin mereka beli dengan membaca informasi yang Anda berikan dalam deskripsi produk. Semakin mereka bisa membayangkan produk yang membuatnya tampak seolah-olah mereka sudah memegang produk, itu akan membuat kepercayaan mereka pada produk Anda dan toko online semakin besar.
Buat calon pelanggan Anda membayangkan produk yang mereka beli, sehingga transaksi terjadi di toko Anda.
5. Testimonial Konsumen
Anda sudah tahu apa itu testimonial? Ya, testimonial adalah bukti kepuasan pelanggan. Produk yang mereka beli di toko online Anda. Anda harus menunjukkan testimonial yang diberikan oleh konsumen di toko online Anda, sehingga calon pelanggan lain percaya bahwa produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik. Testimonial dapat berupa teks, foto, atau peringkat pada setiap produk berdasarkan kepuasan yang mereka peroleh setelah beli produk di toko online Anda.
Untuk mendapatkan kesaksian ini, Anda dapat segera memintanya untuk konsumen yang telah membeli atau melakukan transaksi di toko online Anda. Sebagian besar konsumen tidak akan keberatan memberikan testimoni terbaik mereka ke toko online, jika memang mereka puas dengan produk atau layanan yang disediakan oleh toko online. Walaupun masih ada beberapa konsumen yang enggan atau malas memberikan testimonial, karena mungkin mereka tidak menganggap itu hal penting yang harus mereka berikan kepada toko online tempat mereka membeli produk.
Biasanya kepercayaan muncul karena bukti yang mereka peroleh dari toko online yang menjual produk, tetapi di luar itu, ada hal-hal yang juga dapat Anda berikan sebelum mereka membeli produk Anda, jadi mulai sekarang berikan layanan terbaik kepada calon pelanggan Anda.
Berikan informasi secara rinci, informasikan kualitas produk Anda, juga informasikan apa manfaat atau manfaat yang akan mereka dapatkan jika Anda membeli produk di toko online Anda dibandingkan dengan toko online lainnya. Berikan perbandingan yang bagus ke toko Anda dengan toko pesaing Anda. Jangan biarkan banyak calon pelanggan gagal transaksi karena informasi atau layanan yang Anda berikan jauh di bawah layanan yang diberikan oleh pesaing Anda.
Demikianlah artikel Supaya Bisnis Online Dipercaya Banyak Orang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi online shop anda dan semoga sukses dengan usaha yang anda jalani.
Sebab sistem yang digunakan untuk transaksi online yakni konsumen membayar terlebih dahulu kepada penjual, maka penjual mengirimkan pesanan ke alamat konsumen. Itu juga yang kamu lakukan kan? Di balik semua itu, konsumen hanya melihat produk yang Anda jual melalui gambar, tidak secara langsung melihat produk fisik yang Anda jual. Harus ada kepercayaan yang tertanam dalam konsumen dan Anda harus melakukannya sehingga mereka dapat mempercayai dan melakukan transaksi di toko Anda.
Jika Anda hanya mengandalkan informasi yang Anda berikan, mereka mungkin tidak langsung percaya. Akhirnya yang terjadi adalah mereka berpikir dua kali untuk membeli produk di toko Anda, sehingga menjadikan kepercayaan konsumen sangat penting bagi kelangsungan bisnis online Anda.
Anda pasti sudah tahu tentang beberapa Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Zalora, dan lainnya. Pasar menyediakan layanan terbaik bagi konsumen yang pada akhirnya konsumen percaya pada transaksi melalui mereka, jadi Anda juga harus memberikan layanan terbaik bagi calon pelanggan yang akan membeli produk Anda. Beberapa hal yang dapat Anda tiru dari layanan Marketplace di atas.
1. Tampilan Situs Web Terlihat Profesional
Situs web adalah pintu awal di mana calon pelanggan akan mengenal produk Anda dengan lebih jelas, jadi di sini Anda sebisa mungkin membuat situs web Anda terlihat seperti seorang profesional. Kedua templat yang digunakan, akses mudah dan katalog produk yang ringan dan tertata rapi.
Jangan pernah membuat situs web Anda terlihat sederhana dan gratis, karena biasanya templat gratis tidak terlalu menarik. Kecuali Anda memiliki desain grafis dasar, Anda dapat membuat tampilan template sesuai dengan keinginan Anda dan tentu saja terlihat profesional dan menarik konsumen untuk membeli.
Jika Anda menggunakan templat gratis, yang biasanya terjadi adalah konsumen berpikir Anda tidak memiliki niat penuh untuk melakukan bisnis. Karena apa yang akan dilihat konsumen untuk pertama kalinya adalah templat situs web Anda, jadi gunakan templat berbayar atau Anda dapat menemukan layanan untuk pembuatan situs web. Desain atau tata letak keduanya dibuat sedemikian rupa agar situs web terlihat profesional.
2. Mudah dihubungi
Ketika Anda menjual produk Anda secara online, biasanya semua konsumen yang datang ke toko Anda akan mencari produk yang mereka butuhkan. Jika Anda sudah mendapatkan produk yang mereka inginkan, mereka akan secara otomatis mencari kontak di toko online Anda untuk dihubungi. Jangan sampai ketika Anda telah meletakkan kontak Anda di toko online yang Anda miliki, Anda merespons dengan lambat.
Cobalah sebisa mungkin untuk memberikan kontak yang mudah dihubungi dan bahkan merespons dengan cepat jika ada pertanyaan atau dihubungi oleh calon pelanggan Anda, tidak sampai Anda memperlambat respons. Calon pelanggan Anda akan berpikir bahwa Anda tidak memiliki niat untuk menjual, pada akhirnya mereka tidak membeli produk di toko online Anda.
Ada banyak media yang bisa dijadikan kontak yang bisa dihubungi oleh calon pelanggan Anda, baik dari Whatsapp, Line, email dan lainnya. Buatlah mudah bagi calon pelanggan Anda untuk menghubungi Anda, dan jadilah layanan pelanggan yang baik jika calon pelanggan menghubungi Anda mengenai pertanyaan atau keluhan.
3. Berikan Garansi Produk
Seperti yang saya katakan sebelumnya, calon pelanggan hanya melihat produk Anda melalui gambar, yang mereka sendiri tidak dapat melihat produk Anda secara detail. Karena alasan ini, cobalah memberikan jaminan produk yang Anda jual, misalnya, memberikan jaminan pertukaran produk atau jaminan uang kembali jika produk yang mereka terima rusak atau cacat.
Bahkan, ada sejumlah toko online yang sangat mengistimewakan pelanggan mereka dengan memberikan jaminan ukuran pertukaran atau mengembalikan produk yang mereka beli, mereka tidak menyukai model produk.
Garansi produk sangat berpengaruh dengan kepercayaan yang diperoleh oleh calon pelanggan Anda, karena dengan memberikan jaminan. Calon pelanggan Anda akan merasa aman untuk bertransaksi di toko Anda.
4. Informasi Produk Lengkap
Jika Anda menjual produk Anda di toko online Anda, cobalah untuk memberikan informasi lengkap tentang produk yang Anda jual. Baik itu dari spesifikasi, detail produk, dan bahkan informasi lain yang seharusnya mereka dapatkan ketika mereka ingin membeli produk di toko Anda. Jangan sampai kekurangan informasi yang diberikan dan mereka mendapatkannya tidak jelas, sehingga membuat mereka ragu untuk melakukan transaksi di toko Anda.
Spesifikasi lengkap suatu produk akan membuat bayangan di kepala mereka tentang produk yang Anda jual, calon pelanggan akan membayangkan produk yang ingin mereka beli dengan membaca informasi yang Anda berikan dalam deskripsi produk. Semakin mereka bisa membayangkan produk yang membuatnya tampak seolah-olah mereka sudah memegang produk, itu akan membuat kepercayaan mereka pada produk Anda dan toko online semakin besar.
Buat calon pelanggan Anda membayangkan produk yang mereka beli, sehingga transaksi terjadi di toko Anda.
5. Testimonial Konsumen
Anda sudah tahu apa itu testimonial? Ya, testimonial adalah bukti kepuasan pelanggan. Produk yang mereka beli di toko online Anda. Anda harus menunjukkan testimonial yang diberikan oleh konsumen di toko online Anda, sehingga calon pelanggan lain percaya bahwa produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik. Testimonial dapat berupa teks, foto, atau peringkat pada setiap produk berdasarkan kepuasan yang mereka peroleh setelah beli produk di toko online Anda.
Untuk mendapatkan kesaksian ini, Anda dapat segera memintanya untuk konsumen yang telah membeli atau melakukan transaksi di toko online Anda. Sebagian besar konsumen tidak akan keberatan memberikan testimoni terbaik mereka ke toko online, jika memang mereka puas dengan produk atau layanan yang disediakan oleh toko online. Walaupun masih ada beberapa konsumen yang enggan atau malas memberikan testimonial, karena mungkin mereka tidak menganggap itu hal penting yang harus mereka berikan kepada toko online tempat mereka membeli produk.
Biasanya kepercayaan muncul karena bukti yang mereka peroleh dari toko online yang menjual produk, tetapi di luar itu, ada hal-hal yang juga dapat Anda berikan sebelum mereka membeli produk Anda, jadi mulai sekarang berikan layanan terbaik kepada calon pelanggan Anda.
Berikan informasi secara rinci, informasikan kualitas produk Anda, juga informasikan apa manfaat atau manfaat yang akan mereka dapatkan jika Anda membeli produk di toko online Anda dibandingkan dengan toko online lainnya. Berikan perbandingan yang bagus ke toko Anda dengan toko pesaing Anda. Jangan biarkan banyak calon pelanggan gagal transaksi karena informasi atau layanan yang Anda berikan jauh di bawah layanan yang diberikan oleh pesaing Anda.
Demikianlah artikel Supaya Bisnis Online Dipercaya Banyak Orang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi online shop anda dan semoga sukses dengan usaha yang anda jalani.